Cara Daftar Google Adwords Dengan Mudah

Google Adwords adalah platform/sistem yang dibuat oleh Google untuk memudahkan para advertiser (pemasang iklan) untuk melakukan riset dan pemasangan iklan di seluruh properti Google (Google Search Network, Google Display Network, YouTube dll).
Anda mungkin saat ini belum berencana untuk memasang iklan di Google, tetapi tetap saja Anda perlu punya atau buka akun Google Adwords untuk memanfaatkan Tool Gratis yang disediakan Google untuk melakukan Riset Keyword yaitu Google Keyword Planner.
Nah di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun Google Adwords (GRATIS).

Membuat Akun Google Adwords

PERSYARATAN: Untuk membuat akun Google Adwords, Anda butuh memiliki sebuah akun Google / Gmail. Kalau Anda punya akun Gmail, ya berarti Anda sudah bisa buat akun Google Adwords. Silakan lanjut, kalau belum, silakan buat akun Gmail dulu.
Ok saya asumsi Anda sudah punya Gmail sekarang, silakan ikuti panduan langkah demi langkah berikut ini untuk membuat akun Google Adwords.
Catatan: Panduan berikut tidak menjelaskan proses pemasangan iklan di Google Adwords, itu nanti dijelaskan di artikel lain saja.
STEP 1: Klik URL berikut ini https://adwords.google.com dimana nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini (atau bisa saja ada perubahan tampilan). Lalu KLIK tombol biru Start Now di kiri bawah.
cara-membuat-akun-google-adwords-1
STEP 2: Setelah Anda klik Start Now, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini. Anda KLIK link “Skip the guided setup” agar Anda tidak perlu mengikuti proses pembuatan iklan pertama Anda.

 cara-membuat-akun-google-adwords-2
STEP 3: Anda sekarang akan diminta untuk mengisikan alamat Gmail Anda (yang sudah Anda buat), Negara, Zona Waktu dan Mata Uang seperti tampilan berikut ini. Setelah selesai mengisikannya semua, silakan KLIK tombol “Save and Continue” di bawah.
cara-membuat-akun-google-adwords-3
Kalau Anda memasukkan alamat email yang sudah pernah diaktifkan Google Adwords nya, maka biasa akan muncul error seperti ini :
This email is already associated with an AdWords account. To create a new account, enter a different email address. To sign in to your existing account, click “Continue”.
STEP 4: Anda lalu akan diminta untuk login ke Google Account yang Anda isikan di step 3 tadi. Masukkan alamat Gmail dan password Anda.
cara-membuat-akun-google-adwords-4
STEP 5: Nanti akan ada proses beberapa saat dan saat muncul tampilan seperti berikut ini maka proses membuat akun Google Adwords sudah SELESAI dimana ada tampak menu Home, Campaign, Opportunities, Reports dan Tools.
cara-membuat-akun-google-adwords-5
Cara Mengakses Google Keyword Planner
Kalau Anda ingin melakukan riset keyword seperti yang dibahas di artikel “Riset Keyword: Keahlian Penting Seorang Pebisnis Online“, Anda tinggal mengaksesnya melalui menu Tools lalu pilihKeyword Planner seperti yang tampak di screenshot berikut ini.
cara-mengakses-google-keyword-planner
Nah saat Anda sudah siap untuk memasang iklan di Google, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah Mengatur Sistem Pembayaran di Google Adwords dimana Anda bisa mulai memasang iklan di Google dengan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun transfer bank (fasilitas baru).

0 komentar